
Kepala Sekolah/Guru – Implementasi Kurikulum Merdeka (Merespon Kebijakan Pemerintah)
Pelatihan ini ditujukan bagi kepala sekolah dan guru untuk dapat memahami konsep/paradigma Kurikulum Merdeka. Perbedaan dan juga pengembangan dari Kurikulum 2013 yang selama ini telah dijadikan pedoman proses pembelajaran.
Pelatihan ini akan memberikan pengetahuan atas 4 tahapan dalam memahami dan mempraktikkan implementasi Kurikulum Merdeka, yaitu memahami paradigma Kurikulum Merdeka, penyusunan Kurikulum Operasional Satuan Pendidikan (KOSP), Penyusunan Pembelajaran & Asesmen, dan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5).
Praktik-praktik implementasi Kurikulum Merdeka juga akan dilakukan, seperti penyusunan Visi-Misi-Tujuan satuan pendidikan sesuai karakteristiknya, pembuatan modul ajar, pelaksanaan P5, dan juga praktik-praktik yang lain. Seluruh tahapan akan dilatihkan sesuai dengan karateristik satuan pendidikan dari peserta dan selalu akan mendapatkan reviu sebagai umpan balik dari fasilitator.
Kepala Sekolah/Guru – Implementasi Kurikulum Merdeka (Merespon Kebijakan Pemerintah)

Materi
- Pengetahuan dan contoh secara langsung atas konsep Kurikulum Merdeka
- Pemahaman secara detail dan menyeluruh atas tahapan dalam implementasi Kurikulum Merdeka
- Dokumen-dokumen penyusunan dari setiap tahapan sesuai karateristik satuan pendidikan, yaitu KOSP, lembar pembelajaran dan asesmen, dan pelaksanaan P5

Biaya Investasi & Fasilitas
Biaya Investasi:
1.800.000 (Paket non-inap)
2.350.000 (Paket Inap)
Fasilitas :
- Konsumsi
- Modul
- Materi PPT
- Notulensi kelas
- Sertifikat
- Merchandise kits

Jadwal Pelatihan
- OFFLINE setiap bulan
- Menerima on-demand training
- Pelatihan
- Coaching
- Total 360 JP
No | Materi | JP (1 = 45 menit) |
In-Service Learning 1 | ||
1. | Kebijakan Kurikulum Merdeka | 4 |
2. | Paradigma (Konsep & Miskonsepsi) Kurikulum Merdeka | 4 |
3. | Menganalisa Konteks Satuan Pendidikan | 8 |
4. | Merumuskan Visi – Misi – Tujuan Satuan Pendidikan | 8 |
5. | Menentukan Pengorganisasian Pembelajaran | 8 |
6. | Penyusunan Perencanaan Pembelajaran | 8 |
7. | Perancangan Pendampingan & Evaluasi | 8 |
In-Service Learning 2 | ||
1. | Siklus Hubungan Pembelajaran & Asesmen | 8 |
2. | Prinsip Pembelajaran & Asesmen | 8 |
3. | Perencanaan Pembelajaran & Asesmen | 8 |
4. | Merumuskan Tujuan Pembelajaran | 8 |
5. | Menyusun Alur Tujuan Pembelajaran | 8 |
In-Service Learning 3 | ||
1. | Pemahaman Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) | 8 |
2. | Penyiapan Ekosistem Satuan Pendidikan | 8 |
3. | Mendesain P5 | 8 |
4. | Mengelola P5 | 8 |
5. | Mendokumentasi & Melaporkan Hasil P5 | 8 |
6. | Berbagi Praktik Baik | 8 |
On the Job Learning | ||
1. | Penyusunan & Pengembangan KOSP | 64 |
2. | Rancangan Pembelajaran & Asesmen | 64 |
3. | Rancangan P5 | 64 |
Coaching | ||
1. | Reviu & Diskusi Hasil Kerja | 24 |
Total | 360 |
Mentor:

Dwi Esti Andriani, Ed.D.
Pakar Manajemen dan Kepemimpinan Sekolah

Dr. Heri Supriyana
Pakar Kepemimpinan Sekolah

Joko Widiyanto, S.Pd.SD, M.Pd.
Kepala Sekolah & Pelaksana Program Sekolah Penggerak

Sukamti, S.Pd.
Guru SD IT Tunas Mulia Gunung Kidul