
Kepala Sekolah sebagai Mentor
Kepala sekolah adalah pemimpin pembelajaran sekaligus kolaborator & fasilitator bagi guru. Mampukan diri membantu guru mengatasi permasalahan pembelajaran dengan menjadi mentor yang efektif.
Pelatihan ini ditujukan untuk kepala sekolah yang berperan sebagai pemimpin dari satuan pendidikan. Pemimpin sekolah mempunyai tanggungjawab untuk dapat menggerakkan seluruh elemen di satuan pendidikan, baik sumber daya manusia dan aset untuk mencapai tujuan satuan pendidikan. Selain itu, kepala sekolah yang baik mempunyai peran dan tanggungjawab untuk mengembangkan kemampuan anggota satuan pendidikan, dalam hal ini adalah guru dan tenaga kependidikan. Peranan ini harus dilakukan dengan kerja keras dan juga berjiwa besar.
Oleh karena itu, salah satu peran penting seorang kepala sekolah adalah melakukan mentoring dengan menjadi mentor yang baik bagi keberhasilan orang lain, dalam hal ini adalah guru. Dalam proses ini, mentor harus mampu membangun komitmen dengan mentee agar proses mentoring dapat berjalan sesuai dengan tujuan yang diharapkan.
Dalam pelatihan ini akan diberikan teori dan juga praktik langsung tentang kepala sekolah sebagai mentor. Praktik ini diberlangsungkan melalui permainan peran dan simulasi situasi nyata dari berbagai kasus yang berlangsung di satuan pendidikan peserta.
Kepala Sekolah sebagai Mentor

Materi
- Dasar-dasar kepemimpinan abad 21 di satuan pendidikan
- Strategi mobilitasi elemen satuan pendidikan
- Pola pemetaan kapasitas anggota satuan pendidikan
- Fungsi dan peran kepala sekolah sebagai mentor
- Strategi mentoring untuk pengembangan kemampuan anggota satuan pendidikan

Biaya Investasi & Fasilitas
Biaya Investasi: 500.000
Fasilitas :
- Modul
- Materi PPT
- Sertifikat softcopy
- Kelas konsultasi grup WhatsApp
- Merchandise

Jadwal
- ONLINE setiap bulan
- Menerima on-demand training
- Total 66 JP
No | Materi | JP (1 = 45 menit) |
In-Service Learning 1 | ||
1. | Wawasan Kependidikan “Peran Kepemimpinan Sekolah dalam Meningkatkan Mutu Guru dan Pembelajaran Abad 21” | 2 |
2. | Memahami mentoring sebagai strategi meningkatkan potensi dan kompetensi guru dalam kerangka Kurikulum Merdeka Belajar | 2 |
3. | Memahami tugas dan peran kepala sekolah sebagai mentor guru
| 10 |
4. | Menguasai keterampilan-keterampilan mentoring
| 8 |
5. | Menyusun aktivitas dan rencana mentoring | 2 |
6. | Melaksanakan mentoring:
| 6 |
7. | Melakukan evaluasi dan refleksi | 4 |
8. | Simulasi mentoring (role play) | 4 |
On the Job Learning | ||
9. | Praktek Mentoring di Sekolah Masing-Masing | 24 |
In-Service Learning 2 | ||
10. | Refleksi Pelaksanaan Mentoring | 12 |
Materi Pengayaan (Pilihan) | ||
1. | Keterampilan melakukan mentoring informal | 2 |
2. | Keterampilan melakukan mentoring online atau jarak jauh | |
3. | Keterampilan melakukan mentoring kelompok | |
4. | Keterampilan melakukan mentoring terbalik | |
Total | 66 |
Mentor:

Dwi Esti Andriani, Ed.D.
Pakar Manajemen dan Kepemimpinan Sekolah