
Kepemimpinan Instruksional Kepala Sekolah
Kepemimpinan instruksional berfokus pada proses dan prestasi belajar siswa melalui pengembangan guru secara efektif dan penciptaan lingkungan pembelajaran yang kondusif.
Pelatihan ini ditujukan bagi kepala sekolah yang mempunyai peran sebagai pemimpin dari warga satuan pendidikan, yaitu guru dan siswa. Guru adalah komponen utama yang harus diperhatikan agar mutu capaian hasil belajar siswa dapat tercapai. Berkait dengan hal tersebut, kepala sekolah harus mampu menjadi seorang pemimpin instruksional.
Kepemimpian instruksional adalah kepemimpinan oleh kepala sekolah yang mampu memberikan fasilitasi bagi guru agar mampu berkembang dan berdaya sehingga guru akan kreatif, inovatif, dan profesional dalam pembelajaran. Dengan demikian, maka mutu kinerja guru dalam mengajar akan meningkat yang berdampak pada kualitas layanan belajar pada siswa dan terciptanya iklim proses pembelajaran yang optimal.
Pelatihan ini akan memberikan pengetahuan dan juga keterampilan kepada kepala sekolah untuk dapat mengimplementasikan kepemimpinan instruksional untuk penyelenggaraan pembelajaran berdasarkan Kurikulum Merdeka saat ini. Selain itu, juga akan diberikan contoh praktik baik kepemimpinan instruksional sebagai referensi nyata untuk dipraktikkan di sekolah masing-masing dan juga inovasinya.
Kepemimpinan Instruksional Kepala Sekolah

Materi
- Dasar-dasar kepemimpinan abad 21 di satuan pendidikan
- Strategi kepemimpinan instruksional di satuan pendidikan
- Pemahaman mengenai pentingnya pengembangan dan pemberdayaan guru
- Strategi untuk adaptif terhadap perubahan di dunia pendidikan

Biaya Investasi & Fasilitas
Biaya Investasi: 500.000
Fasilitas :
- Modul
- Materi PPT
- Merchandise
- Sertifikat softcopy
- Kelas konsultasi grup WhatsApp

Jadwal Pelatihan
- ONLINE setiap bulan
- Menerima on-demand training
- Total 58 JP
No | Materi | JP (1 = 45 menit) | |
---|---|---|---|
In-Service Learning 1 | |||
1. | Wawasan Kependidikan “Implementasi Kurikulum Merdeka dan Implikasinya pada Kepemimpinan Sekolah” | 2 | |
2. | Memahami kontribusi kepemimpinan instruksional terhadap mutu pembelajaran dalam kerangka Kurikulum Merdeka Belajar | 2 | |
3. | Membangun visi, misi, dan tujuan bersama yang difokuskan pada capaian standar mutu pembelajaran yang tinggi | 2 | |
4. | Mengelola program pembelajaran berbasis data/bukti
| 8 | |
5. | Mengembangkan profesionalisme guru dan memfasilitasi kolaborasi profesional
| 8 | |
6. | Mengembangkan iklim pembelajaran yang kuat
| 6 | |
7. | Praktik baik kepemimpinan instruksional kepala sekolah | 2 | |
On the Job Learning | |||
8. | Praktik kepemimpinan instruksional kepala sekolah | 24 | |
In-Service Learning 2 | |||
9. | Refleksi praktik kepemimpinan instruksional kepala sekolah | 4 | |
Total | 58 |
Mentor:

Dwi Esti Andriani, Ed.D.
Pakar Manajemen dan Kepemimpinan Sekolah