
Kepemimpinan Perubahan Kepala Sekolah
Mampukan diri memimpin perubahan sekolah sesuai dengan tuntutan perkembangan dunia pendidikan. Pelajari berbagai keterampilan memulai, melakukan, dan menyolidkan perubahan.
Pelatihan ini ditujukan bagi kepala sekolah yang mempunyai peran sebagai pemimpin yang visioner, penanggungjawab, lokomotif, motivator, dan mitra kerja. Kepemimpinan perubahan adalah upaya dalam menciptakan perubahan organisasi dalam hal ini sekolah agar mampu beradaptasi dengan perkembangan lingkungan dalam nilai positif. Kepala sekolah mempunyai peran strategis untuk membuat perubahan di sekolah dengan menimbang dan juga memadukan konsep perubahan, prinsip, dan prosedur sehingga perubahan dapat berjalan baik.
Perubahan di sekolah dapat menyasar pada 3 hal utama, yaitu supervisi akademik, pengembangan kapasitas tenaga kependidikan di sekolah, dan pengembangan kurikulum. Dengan demikian, dalam melakukan perubahan, kepala sekolah harus dapat menyusun strategi yang matang.
Pelatihan ini akan memberikan pengetahuan dan juga keterampilan kepada kepala sekolah untuk dapat mengimplementasikan kepemimpinan perubahan agar mutu belajar berkualitas dan sekolah terus mampu bersaing dalam kompetisi dunia pendidikan. Dalam pelatihan ini, juga akan diberikan contoh praktik baik kepemimpinan perubahan sebagai referensi nyata untuk dipraktikkan di sekolah masing-masing dan juga inovasinya.
Kepemimpinan Perubahan Kepala Sekolah

Materi
- Dasar-dasar kepemimpinan abad 21 di satuan pendidikan
- Memahami tiga perubahan utama di satuan pendidikan yaitu akademik, kapasitas tenaga kependidikan, dan pengembangan kurikulum
- Urgensi & strategi melakukan perubahan di satuan pendidikan

Biaya Investasi & Fasilitas
Biaya Investasi: 500.000
Fasilitas :
- Modul
- Materi PPT
- Sertifikat softcopy
- Kelas konsultasi grup WhatsApp
- Merchandise

Jadwal Pelatihan
- ONLINE setiap bulan
- Menerima on-demand training
- Total 60 JP
No | Materi | JP (1 = 45 menit) | |
In-Service Learning 1 | |||
1. | Wawasan Kependidikan Abad 21: “Perubahan Paradigma Pendidikan dalam Kerangka Kurikulum Merdeka Belajar” | 2 | |
2. | Memahami faktor-faktor pemicu perubahan pendidikan dan implikasinya pada organisasi, manajemen, dan kepemimpinan sekolah | 2 | |
3. | Memahami model kepemimpinan perubahan untuk keberhasilan perubahan organisasi | 2 | |
4. | Memulai perubahan
| 8 | |
5. | Berubah
| 12 | |
6. | Menyolidkan perubahan
| 4 | |
7. | Praktik baik kepemimpinan perubahan oleh kepala sekolah | 2 | |
On the Job Learning | |||
8. | Praktik kepemimpinan perubahan kepala sekolah | 24 | |
In-Service Learning 2 | |||
9. | Refleksi praktik kepemimpinan perubahan kepala sekolah | 4 | |
Total | 60 |
Mentor:

Dwi Esti Andriani, Ed.D.
Pakar Manajemen dan Kepemimpinan Sekolah