
Pelatihan Manajemen Sekolah
Kepala sekolah adalah seorang manajer yang harus terampil merencanakan, melaksanakan, memonitor, dan mengevaluasi program peningkatan mutu sekolah secara bertahap dan berkesinambungan berbasis rapor pendidikan.
Pelatihan ini ditujukan bagi kepala sekolah yang juga mempunyai satu peranan penting yaitu sebagai manajer. Dalam hal ini, seorang kepala sekolah harus mempunyai kompetensi manajerial. Kompetensi ini akan memudahkan kepala sekolah dalam mengelola sekolah agar tujuan sekolah dapat tercapai secara efektif dan eļ¬sien.
Dalam perannya sebagai manajer, maka kepala sekolah harus mampu melakukan perencanaan, pengelolaan, pendayagunaakan aset, pengembangan, penerapan, penciptaan, dan pengontrolan seluruh kegiatan yang berlangsung di sekolah. Dalam menjalankan peran ini, kepala sekolah harus mampu memastikan bahwa seluruh warga satuan pendidikan mendukung dalam pelaksanaannya.
Pelatihan ini akan memberikan pengetahuan kepada kepala sekolah dalam memahami kebijakan baru di kurikulum pendidikan. Selain itu, kepala sekolah akan mendapatkan keterampilan dalam menentukan dan mengembangkan strategi yang tepat dalam mengoptimalkan dan memaksimalkan seluruh sumber daya sekolah. Dalam pelatihan ini akan dilakukan reviu dan juga diskusi terbuka atas hasil praktik di sekolah masing-masing.
Pelatihan Manajemen Sekolah

Materi
- Dasar-dasar kepemimpinan abad 21 di satuan pendidikan
- Mengelola satuan pendidikan secara efektif dan efisien
- Strategi implementasi kebijakan di satuan pendidikan
- Menentukan dan mengembangkan sumber daya satuan pendidikan secara optimal

Biaya Investasi & Fasilitas
Biaya Investasi: 500.000
Fasilitas :
- Modul
- Materi PPT
- Sertifikat softcopy
- Kelas konsultasi grup WhatsApp
- Merchandise

Jadwal Pelatihan
- ONLINE setiap bulan
- Menerima on-demand training
- Total 50 JP
No | Materi | JP (1 = 45 menit) | |
---|---|---|---|
In-Service Learning 1 | |||
1. | Kebijakan Merdeka Belajar: Program Sekolah Penggerak | 2 | |
2. | Memahami peran kepala sekolah sebagai manajer | 2 | |
3. | Menetapkan visi, misi, dan tujuan bersama
| 4 | |
4. | Menyusun rencana pengembangan sekolah berbasis data (Rencana Jangka Menengah, Rencana Tahunan, dan Rencana Anggaran dan Kegiatan Sekolah)
Memonitoring dan mengevaluasi kegiatan | 4 | |
5. | Mengembangkan Kurikulum Operasional Satuan Pendidikan | 4 | |
6. | Manajemen Kesiswaan | 3 | |
7. | Manajemen Pendidik dan Tenaga Kependidikan | 3 | |
8. | Manajemen Sarana dan Prasarana Pendidikan | 3 | |
9. | Manajemen Keuangan Sekolah | 2 | |
On the Job Learning | |||
10. | Praktik melaksanakan rencana kegiatan yang telah disusun di sekolah masing-masing | 25 | |
In-Service Learning 2 | |||
11. | Evaluasi dan refleksi pelaksanaan kegiatan | 2 | |
Total | 50 |
Mentor:

Dwi Esti Andriani, Ed.D.
Pakar Manajemen dan Kepemimpinan Sekolah